Wisata Pulau Pahawang; "Finding Nemo" Dan Aktivitas Lainnya Yang Kamu Bisa Nikmati

Wisata Pulau Pahawang; "Finding Nemo" Dan Aktivitas Lainnya Yang Kamu Bisa Nikmati

aktivitas wisata bahari di pulau pahawang

Wisata Pulau Pahawang Kota Lampung, kota yang sejak dulu terkenal dengan Gajah nya yang terdapat di Taman Nasional Waykambas, kini semakin ramai dikunjungi wisatawan dengan hadirnya destinasi wisata Pulau Pahawang yang berlokasi di sebuah Teluk kecil wilayah Lampung Selatan.

Lokasi Pulau Pahawang

Secara administrasi Pulau Pahawang adalah sebuah desa berada di kecamatan yang bernama Punduh Pidada kabupaten Pasawaran Propinsi Lampung. Pahawang sendiri adalah nama salah satu desa yang terdapat di Pulau Pahawang Besar. Merupakan sebuah pulau berpenduduk dengan luas sekitar 1.084 Hektar dan terbagi menjadi enam buah desa yakni Pahawang, Cukuhnyai, Suakbuah, Jeralangan, Kalangan, dan Penggetahan.

Satu-satu nya transportasi yang bisa mengantarkan kita menuju Pulau Pahawang adalah kapal atau perahu jelajah. Dari dermaga kecil bernama Ketapang kita aka menempuh perjalanan kurang lebih 45 menit hingga 1 jam untuk dapat sampai di Pulau Pahawang Besar. Carter atau menyewa perahu dari dermaga Ketapang adalah satu-satu nya cara agar bisa sampai di Pulau Pahawang Besar. Biaya sewa perahu bervariasi dari 300 ribu rupiah hingga 500 ribu rupiah tergantung besar perahu yang kita gunakan, tentu saja disesuaikan dengan jumlah rombongan yang akan wisata ke Pulau Pahawang Besar.

Potensi Wisata Pulau Pahawang

Bukan tanpa alasan mengapa semakin banyak para wisatawan yang menghabiskan masa liburannya memilih Pahawang sebagai destinasi wisata. Beberapa aktivitas wisata yang dilakukan ditengah keindahan alamnya menjadi daya tarik paling besar para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Pahawang. Berikut adalah aktivitas wisata yang dapat kita lakukan selama berada di Pulau Pahawang.

1# Island Hopping atau Jelajah Pulau

Sering juga disebut dengan "Lompat Pulau", beberapa pulau kecil di sekitar teluk memiliki pantai serta pemandangan yang indah. Pulau Pahawang Kecil, Pahawang Besar, Kelagian Kecil, dan Kelagian Besar adalah pulau-pulau berpemandangan menarik yang akan disinggahi dalam aktivitas wisata Island Hopping di Pahawang.

2# Wisata Underwater atau Snorkeling

Selain keindahan pemandangan pantai, Pulau Pahawang juga bearad di sebuah teluk yang memiliki pemandangan bawah laut yang sangat memikat. Keragaman terumbu karang serta biota laut lainnya melengkapi keindahan yang dimiliki oleh teluk di kawasan Pulau Pahawang. Terdapat beberapa spot terkenal yang sering dijadikan lokasi snorkeling di Pulau Pahawang, antara lain spot Cukuh Bedil, Taman Nemo dan spot Gosong Bekri.

Spot Snorkeling Taman Nemo

Spot Snorkeling Taman Nemo yang terdapat di Pulau Pahawang adalah salah satu yang paling di kenal dan sangat melekat dengan wisata snorkeling di Pulau Pahawang. Terdapat banyak karang yang dihuni oleh puluhan ikan Nemo lucu. Ikan yang terkenal sebagai pemeran utama dalam Film animasi Layar Lebar berjudul "Finding Nemo" ini selalu dijadikan teman berphoto yang lucu dan memang jarang di temukan di lokasi lain.

Ikan nemo dikenal juga dengan nama Anemon Fish, Clown Fish (Ikan Badut), adalah ikan dari sub family Amphiprioninae. Dapat tumbuh hingga sepanjang 18 centimeter dan bisa hidup rata-rata selama 3-6 tahun, tersebar di Samudra Pasific, Laut Merah, Samudra Hindia, dan Great Barrier Reef Australia

Mengenal Sang Nemo atau Clown Fish

Ada satu yang unik dari kehidupan Nemo yang selalu memilih Anemon untuk menjadi sarang nya. Ternyata terbangun Simbiosis Mutualisme atau hidup saling menguntungkan antara Ikan Nemo dan Animon sebagai rumah bagi Nemo. Ikan Nemo akan menghalau Butterfly Fish yang suka memakan tumbuhan Anemon serta memakan parasit yang menempel di tetangkel Anemon. Selain itu kotoran Ikan Nemo juga sebagai sumber nutrisi bagi tumbuhan Anemon yang menjadi sarang Nemo.

Anemon adalah salah satu tumbuhan laut yang memiliki sengatan beracun dari tetangkel yang dimilikinya. Lapisan lendir ditubuh Ikan Nemo dapat menetralisir racun yang dimiliki Anemon, lapisan lendir ditubuh Ikan Nemo tidak terdeteksi sebagai sesuatu yang membahayakan bagi Anemon, ini juga sebabnya Anemon tidak menganggap kehadiran Ikan Nemo atau Clown Fish sebagai musuh bagi dirinya.

3# Wisata Pantai: Bersantai di Pantai

Pantai yang dimiliki setiap pulau di Teluk Lampung Selatan memiliki ciri khas dan keunikan nya masing-masing. Pulau Pahawang Lunik atau Kecil terkenal dengan pasir timbul yang dimilikinya. Disebut Pasir Timbul karena pulau pasir yang tanpa ditumbuhi oleh satupun jenis tumbuhan ini akan timbul hanya bila air laut sedang dalam keadaan surut.

Pulau Kelagian Lunik memiliki pasir putih yang sangat lembut, sementara dibagian belakang pulau terdapat bebatuan besar yang menghiasi garis pantainya yang jernih dan cantik.

4# Aktivitas Watersport di Tengah Keindahan Alam Pahawang

Selain menikmati keindahan pulau dan pantai nya, wisata di Pulau Pahawang dapat dilengkapi dengan mengikuti aktivitas watersport. Permainan yang memacu adrenalin ini terasa semakin asik karena dilakukan ditengah pemandangan pulau yang indah serta jernihnya air yang ada di Teluk Lampung Selatan.

Selain aktivitas-aktivitas seperti yang telah diuraikan diatas, masih banyak lagi aktivitas ala pantai yang bisa kita lakukan selama wisata di Pulau Pahawang seperti menikmati malam dengan bakar-bakar ikan, menikmati sunset dan sunrise, menikmati kuliner khas lokal dan lain sebagainya.

Komentar

logo bhinneka nusantara

Explore Pahawang Lampung Layanan informasi dan reservasi untuk destinasi alam, Nusantara Indonesia.

Keberagaman destinasi, hayati, budaya dan aktivitas menjadi daya tarik wisata di Indonesia, persiapkan diri untuk menyambut panggilan alam.

  083 179 300 500
  083 878 300 500
  https://www.explorepahawang.com

Destinasi Populer

Explore Pahawang