Mengejar Keunikan Lumba-Lumba di Teluk Kiluan Ujung Lampung

Mengejar Keunikan Lumba-Lumba di Teluk Kiluan Ujung Lampung

lumba-lumba di teluk kiluan ujung Lampung

Lumba-Lumba dan Teluk Kiluan itu bagaikan kata yang tidak dapat terpisahkan. Karena keduanya merupakan surganya Lampung yang masih tersembunyi serta belum begitu ramai dikunjungi orang. Di tempat inilah kamu bisa melihat keindahan pemandangan pantai yang mengagumkan.

Selain airnya jernih, ada juga gradasi biru kehijauan serta terumbu karang terlihat jelas. Tidak hanya itu saja, disini juga tersedia ikan hias serta kawanan lumba-lumba yang terbesar di dunia. Itulah sebabnya spot ini langsung populer hingga ke mancanegara karena memiliki pemandangan yang tidak biasa.

Belum lagi spot snorkeling nya juga dangkal. Sehingga hal ini membuat siapapun bahkan pemula tidak akan takut melakukan snorkeling. Selain itu, topografinya berbentuk lembah dan berbukit. Cocok sekali untuk pecinta alam yang gemar menjelajah dunia. Lebih menariknya lagi adalah ternyata ada ratusan lumba-lumba disini.

Itulah sebabnya lumba-lumba dan teluk kilauan menjadi 2 hal selalu diingat semua orang. Kamu bisa menemukan ratusan lumba-lumba sniper dan hidung botol di tengah lautan. Biasanya mereka selalu menyapa wisatawan yang berkunjung dengan lompatannya.

Legenda dan Waktu Berkunjung Terbaik

Selain lumba² dan Teluk Kiluan tidak terpisahkan, ternyata sampai saat ini masih tersisa 1 legenda yang beredar dan dipercaya oleh warga sekitar. Legenda tersebut bermula dari runtuhnya Kerajaan Majapahit dan Islam ketika masuk ke Indonesia.

Awalnya pendatang sakti bernama Raden Mas Arya dari Malaka (daerah Banten). Sayangnya banyak kerabat yang tidak menyukainya sehingga ingin membunuhnya. Pendatang sakti itu mendapat julukan sebagai Raden Anta Wijaya. Hanya saja karena belum ada yang bisa menandingi kesaktiannya, dirinya pasrah saat ajalnya tiba.

Itulah sebabnya beliau meminta kerabat yang membencinya untuk membawanya ke Pulau Kiluan. Karena dia hanya dapat dibunuh disitu saja. Akhirnya Raden Anta Wijaya berhasil terbunuh di pulau tersebut yang sekarang ini terkenal dengan kata lumba² dan Teluk Kiluan.

Itu tadi adalah sedikit cerita tentang legenda berkembang di tempat ini. Sementara itu, bila kamu ingin mengenal destinasi wisata ini lebih jauh, sebaiknya kunjungi di waktu yang terbaik. Supaya kamu bisa melihat kumpulan lumba-lumba di tengah lautan.

Biasanya lumba-lumba tersebut mudah ditemukan pada musim kemarau, yaitu bulan April sampai September. Maka dari itu sebaiknya jangan pernah berkunjung ketika musim hujan karena pasti akan kesulitan dengan akses jalannya dengan banyak jurangnya dan tanjakannya tajam.

Supaya bisa menikmati lumba² dan Teluk Kiluan lebih aman, sebaiknya jangan saat cuacanya buruk. Karena mereka jarang muncul ketika cuaca buruk. Selain itu sangat berbahaya sekali berada di tengah lautan di moment itu. Kamu tidak akan bisa ke Laguna karena ombaknya besar dan jalannya licin.

Lokasi dan Rute Menuju ke Teluk Kiluan

Lokasi tempat wisata ini terletak di Kiluan Negeri, Kabupaten Tanggamus, Kelumbayan, Lampung. Untuk bisa sampai disana, butuh waktu 3 hingga 4 jam jika berangkat dari Bandar Lampung. Karena jaraknya sejauh 80 km. Untuk aksesnya supaya bisa menikmati lumba-lumba dan Teluk Kiluan masih cukup sulit.

Karena ada beberapa titik yang belum ada pembangunan. Selain itu disana juga belum ada listrik sehingga komunikasi menjadi susah karena tidak ada sinyal. Itulah sebabnya para warga memanfaatkan generator sebagai sumber listrik. Mengingat aksesnya sulit, sebaiknya berkunjunglah ketika musim kemarau untuk menikmati lumba² dan Teluk Kiluan.

Saat berkunjung di musim kemarau, jalanannya cukup bersahabat dan tidak begitu licin. Sedangkan bila berkunjung menggunakan mobil pribadi, sebaiknya pakai mobil offroad seperti SUV karena lebih aman. Jangan pernah memakai mobil biasa seperti matic dan sasisnya rendah.

Jika berangkat dari Bandar Lampung, kamu bisa menuju jalan Morotai dan dilanjutkan ke Jl Laksamana RE Martadinata. Bila sudah kamu akan menemukan jalan raya Way Ratay dan ikuti jalannya sampai ke Pematang Awi, Dirt Road, dan sampailah ke destinasi wisata lumba² dan Teluk Kiluan.

Cara lain bila berangkat dari Bandar Lampung adalah ambil ke arah Padang Cermin. Kemudian lanjutkan perjalanan sampai menemukan persimpangan pangkalan TNI Angkatan Laut. Setelah itu belok kiri ke Punduh Pidada. Dari sinilah kamu akan melihat ada petunjuk jalan menuju Teluk Kiluan.

Ikuti saja jalannya sampai ke pasar Bawang. Setelah itu kamu akan sampai ke persimpangan, ambil arah kanan. Sampai di persimpangan akhir, pilih arah kiri. Nah tiba disini kamu sudah berada di depan mata dari destinasi wisata ini.

Fasilitas, Jam Buka, dan Harga Tiket Masuk untuk Menikmati lumba² dan Teluk Kiluan

Fasilitas di tempat ini cukup lengkap. Karena sudah ada penginapan sederhana berupa cottage dari kayu. Selain itu kamu juga bisa menyewa kamar di rumah penduduk sekitar. Biasanya mereka menerapkan konsep homestay dengan kisaran biaya sewa per malam bervariasi. Tergantung fasilitasnya.

Ada yang menawarkan Rp150 ribu hingga Rp500.000, -. Sedangkan untuk jak bukanya sebenarnya tidak terbatas. Karena disini tidak ada pembatas area atau pagar. Jadi pantainya benar-benar lepas. Itulah sebabnya secara teknis, kamu bisa datang kapan saja karena buka selama 24 jam penuh.

Namun meskipun begitu, sebaiknya jangan pernah datang di malam hari karena sangat berbahaya. Kecuali bila kamu berkunjung bersama rombongan dan sudah matang perencanaannya, mungkin tidak masalah. Karena disini belum ada listrik sehingga penerangan lampu tidak memadai. Otomatis rawan kecelakaan ketika malam tiba karena kondisinya gelap.

Satu hal paling menarik disini adalah harga tiket masuknya masih terjangkau. Kamu hanya perlu membayar Rp5 ribu saja. Sedangkan bila ingin ke lepas pantai bisa menggunakan taxi perahu dengan biaya Rp15 ribu per orang. Bila memakai mobil pribadi akan dikenakan biaya parkir inap Rp20 ribu.

Kegiatan Menarik yang bisa Dilakukan di Teluk Kilauan

Lumba² dan Teluk Kiluan merupakan surga yang masih tersembunyi di kawasan ujung Lampung. Disinilah ada banyak ikan yang menarik serta sering dijadikan sasaran bagi pemancing handal. Selain itu ada juga lumba-lumba liar yang berenang bebas di lautan sehingga menambah keindahan destinasi wisata ini.

Selain melihat lumba-lumba, ada banyak kegiatan menarik lainnya yang bisa dilakukan disini. Yaitu menikmati pemandangan dengan cara mengelilingi pulau menggunakan perahu katir. Kamu bisa mengunjungi pulau Kelapa yang juga terletak di teluk ini. Pulaunya cukup luas sekitar 6 ha. Perjalanannya hanya membutuhkan 15 menit saja.

Bagi yang suka berenang bisa langsung menikmati kejernihan airnya di Laguna Gayau. Kamu bisa berenang di sepanjang karang teluk ini. Selain airnya jernih, kamu bisa berendam serta berenang dengan aman. Karena ini adalah kolam renang alami yang berada di balik bukit serta bebas ombak.

Hal menarik lainnya yang bisa dilakukan adalah mengabadikan momen terbaik dengan cara selfie. Ada banyak spot pemandangan eksotik sehingga sayang untuk dilewatkan begitu saja. Itulah sebabnya jika kamu ingin menikmati keseruan lumba² dan Teluk Kiluan, sebaiknya datanglah di waktu tepat.

Komentar

logo bhinneka nusantara

Explore Pahawang Lampung Layanan informasi dan reservasi untuk destinasi alam, Nusantara Indonesia.

Keberagaman destinasi, hayati, budaya dan aktivitas menjadi daya tarik wisata di Indonesia, persiapkan diri untuk menyambut panggilan alam.

  083 179 300 500
  083 878 300 500
  https://www.explorepahawang.com

Destinasi Populer

Explore Pahawang